Selasa, 08 September 2009

IPAL BIOFIT – Pengolahan Air Limbah Rumah Sakit, Puskesmas, Klinik

Instalasi pengolahan air limbah atau yang biasa dikenal IPAL merupakan sebuah instalasi sistem yang terstruktur dengan susunan berbagai macam alat untuk dapat mengolah limbah khususnya adalah limbah cair. Limbah – limbah cair tersebut diolah agar terbebas dari beberapa zat yang memiliki kemungkinan dapat merusak dan mengganggu lingkungan.


Khususnya Untuk Fasilitas Pelayanan Kesehatan seperti Rumah Sakit, Puskesmas dan Klinik sangat dianjurkan dan diwajibkan menggunakan IPAL, agar limbah yang dihasilkan tidak menggangu / merusak lingkungan sekitar.

Salah satu tipe yang dapat diterapkan dalam membuat sistem IPAL adalah anaerob – aerob. Sistem yang satu ini juga dikenal dengan IPAL BIOFIT. Maksudnya adalah sebuah proses untuk penjernihan atau memfilter sebuah limbah dengan sistematis yang terdiri dari kombinasi biofilter anaerob – aerob.

Proses pengolahan limbah dengan berdasarkan konsep biofilter anaerob ini dibagi menjadi beberapa tahapan. Tahapan – tahapan tersebut diantaranya adalah bak pengendapan untuk proses awal, biofilter anaerob, biofilter aerob, bak pengendapan akhir dan juga disinfectan.

Sedangkan komponen yang digunakan dalam IPAL BIOFIT ada beberapa macam bagian. Dan bagian – bagian tersebut diantaranya adalah :

  1. Bagian pemisah limbah / screener.
  2. Bagian aerasi
  3. Bagian penguraian biologi
  4. Bagian filtrasi

Kemudian bagian – bagian tersebut akan disusun menjadi satu kesatuan sistem yang berfungsi untuk mengolah dan membersihkan limbah cair sebagaimana fungsi dari pembuatan IPAL.


Penggunaan IPAL BIOFIT ini tidak sama dengan konsep yang dibawa atau digunakan oleh sistem IPAL lainnya. IPAL BIOFIT memiliki keunggulan yang lebih besar dibandingkan dengan yang lainnya. Keunggulan – keunggulan itu diantaranya adalah :

  1. Daya listrik yang dibutuhkan sangat kecil. Tentunya ini menjadi salah satu pertimbangan yang penting bagi masyarakat ketika akan menggunakan sistem IPAL. IPAL BIOFIT ini bisa menjadi pilihan karena daya yang dibutuhkan sangat kecil sehingga biaya yang dikeluarkanpun juga kecil.
  2. Penggunaan dan perawatan terhadap mesin yang digunakan cukup mudah. Penggunaan sistem IPAL BIOFIT ini tidaklah merepotkan begitu juga dengan perawatannya. Asalkan sesuai dengan prosedur yang telah dianjurkan.
  3. Sistem yang digunakan sangat kuat meskipun dipakai secara terus menerus. Dengan begitu proses yang dilakukan IPAL BIOFIT ini mampu mendapatkan hasil yang maksimal.
  4. Menggunakan material FRP yang anti karat dan tahan terhadap perubahan cuaca yang ekstrim sekalipun.

Pengelolaan air limbah sebenarnya sudah banyak dilakukan mulai dari pemerintah pusat sampai desa. Bahkan bukan hanya pemerintah beberapa pihak independen juga sudah melakukan serangkaian upaya untuk mengelola limbah air ini.


Mengingat pentingnya pengelolaan air limbah, sebenarnya apa saja manfaat pengelolaan air limbah itu? Pengelolaan air limbah di sini menyangkut tentang instalasi pengelolaan air limbah atau IPAL BIOFIT. Manfaat pengelolaan air limbah yang baik bagi lingkungan dan masyarakat

  • Bagi lingkungan

Air limbah kerap dialirkan ke sungai. Pengelolaan air limbah yang tidak sempurna atau bahkan tidak diolah sama sekali jelas akan berdampak pada lingkungan sungai karena akan mengganggu ekosistem air sungai seperti biota-biota yang hidup di dalamnya. Dengan mengelola air limbah yang baik maka telah membantu lingkungan untuk tetap terus lestari.

  • Bagi masyarakat

Jakarta terkenal dengan kanal-kanalnya begitu juga dengan wilayah di Indonesia yang lain. sungai menjadi satu hal yang mesti ada di setiap daerah. Melihat sungai yang bersih (terbebas dari air limbah yang keruh) akan membuat masyarakat lebih nyaman tinggal di lingkungan tersebut dan senantiasa untuk menjaganya supaya tidak ada orang yang akan mengotori.

PT. BIOFIT FIBREGLASS INDONESIA merupakan sebuah perusahaan yang peduli lingkungan dengan berinovasi mengembangkan IPAL BIOFIT untuk pengolahan air limbah dengan budget yang murah, operasional dan perawatan yang mudah untuk kapasitas kecil hingga besar.

Banyak sekali sekarang ini pembuat ipal yang tidak mengerti akan sistem pengolahan yang baik, sehingga ipal yang dibuat tidak mampu mengolah limbah dengan baik dan memenuhi standar baku mutu.

IPAL BIOFIT telah teruji dan bersertifikasi mampu mengolah limbah dan sesuai dengan standar baku mutu PERMEN-LH, jadi pastikan anda memilih produk yang tepat agar tidak menghabiskan dana untuk produk yang belum jelas.


 UNTUK INFORMASI LEBIH LANJUT DAPAT MENHUBUNGI KAMI :


IPAL BIOFIT – Pengolahan Air Limbah Rumah Sakit, Puskesmas, Klinik 9out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.
IPAL BIOFIT – Pengolahan Air Limbah Rumah Sakit, Puskesmas, Klinik 9out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar